Cara Mendapatkan Investasi untuk Game Seluler

Cara Mendapatkan Investasi untuk Game Seluler

Apa yang menghasilkan lebih banyak uang daripada sebelumnya, tetapi lebih sulit dari sebelumnya untuk mendapatkan investasi? Game seluler.

Untuk pertama kalinya, seluler adalah platform game paling sukses berdasarkan pendapatan. Pada tahun 2016, game seluler menghasilkan $ 36 miliar, melampaui sektor konsol dan PC dan menjadikan industri seluler sebagai bagian yang mapan dari ekonomi game.

Tapi itu artinya mendapatkan investasi untuk game mobile semakin sulit. Badan investasi pemerintah Finlandia, Tekes — yang berinvestasi di perusahaan teknologi dan berinvestasi di Supercell sebelum menjadi bisnis besar pada 2012 — mengurangi investasi game selulernya tahun ini ke level terendah sejak 2008. Berita tersebut, terutama dari kiblat game seluler, Finlandia, mewakili penurunan mengkhawatirkan bagi pengembang yang mencari langkah awal.

Untuk mengamankan investasi, pengembang game seluler tanpa pengaruh King atau Supercell perlu menunjukkan bahwa mereka serius dalam hal kualitas dan relevansi game, serta mengetahui kapan harus meminta uang dan memiliki tim yang kuat di belakang mereka.

Tunjukkan traksi

Pada bulan Maret 2016 Kopla Games, pembuat game RPG kejutan tak terbatas yang berbasis di Finlandia, mencapai Nonstop Knight, menutup putaran investasi awal sebesar $ 750.000. CEO dan salah satu pendiri Mika Kuusisto berpendapat bahwa kunci untuk mendapatkan pendanaan adalah dengan menunjukkan pengembalian yang berarti kepada investor.

“Saya pikir akan semakin penting untuk dapat menunjukkan daya tarik yang menjanjikan (misalnya retensi awal dan monetisasi) sebagai bukti bahwa Anda tertarik pada sesuatu,” katanya. “Berfokus pada hal itu tidak hanya membantu Anda dalam pendanaan, tetapi juga akan memvalidasi bahwa Anda membuat game yang ingin dilihat pengguna sebelum Anda menghabiskan waktu bertahun-tahun dan jutaan untuk sesuatu yang tidak ada yang peduli.”

Secara khusus, pengembang yang mengerjakan game gratis untuk bermain, yang dapat memberikan keuntungan kepada investor yang tidak bisa dilakukan oleh game berbayar, harus mencari peluncuran terbatas lebih awal. Ini akan membantu pengembang menentukan dengan cepat apakah konsep game itu masuk akal dan mengidentifikasi area di mana investasi dapat mendukung tujuan mereka (misalnya, peningkatan pengeluaran pada server untuk mendukung basis pengguna yang lebih besar).

Temukan trennya

Temukan trennya

Pengembang juga dapat memanfaatkan tren di industri game seluler untuk mengamankan pendanaan. Pertumbuhan pasar baru, seperti Asia Tenggara, menawarkan peluang besar. Dengan puluhan juta pemain yang masih memasuki pasar game seluler di negara-negara seperti Vietnam, India, dan Indonesia, pengembang yang berpikiran maju dapat memasuki wilayah ini lebih awal dan mendapatkan keuntungan dari pasar berkembang serta menjadikannya kandidat utama untuk investasi.

Jika tidak, teknologi dan sektor baru menawarkan front lain yang berguna bagi pengembang yang berjuang melawan perang investasi untuk diperjuangkan. Investasi dalam eSports dan VR melampaui angka miliaran dolar pada tahun 2015, yang berarti bahwa pengembang game seluler yang mampu menciptakan eSports seluler yang menghibur atau game VR seluler yang imersif dapat memperoleh keuntungan dari aliran dana ke area ini.

Ketahui kapan harus meminta uang

Bahkan jika sebuah game cukup bagus untuk menarik minat investor, developer harus mengetahui waktu yang tepat untuk mendapatkan uang tunai. Untuk berkembang pesat, developer membutuhkan suntikan dana tahap awal. Mengamankan ini biasanya membutuhkan rencana yang jelas yang akan menunjukkan nilai bagi investor yang skeptis, dan jumlah putarannya cenderung lebih rendah.

Pengembang yang tertarik untuk mendapatkan putaran pendanaan yang lebih besar mungkin ingin mempertimbangkan strategi pertumbuhan yang lebih stabil. Tahun-tahun awal mungkin ketat, jadi pengembang harus mengidentifikasi sumber pendanaan alternatif. Pengembang di Inggris Raya, misalnya, dapat mengajukan dana investasi game atau keringanan pajak lokal agar tetap bertahan. Dalam jangka panjang, para pengembang yang mampu mengembangkan bisnis game yang bermakna tanpa pendanaan awal mungkin lebih baik ditempatkan untuk menerima investasi yang lebih besar di kemudian hari dalam siklus hidup mereka daripada pesaing yang tumbuh lebih cepat.

Bangun tim yang berkualitas

Bangun tim yang berkualitas

Terakhir, penting untuk diingat bahwa investor dari http://loginjoker123.info/ mencari tim berbakat untuk berinvestasi di atas segalanya. Bagi Harry Holmwood, salah satu pendiri perusahaan game seluler The Secret Police, ini adalah poin yang sangat penting.

Baca juga : 7 Game Seluler Terbaik Berjam-Jam di 2020

“Saat mengumpulkan pendanaan ekuitas, terutama sebagai startup baru, Anda harus menyadari bahwa investor cenderung berinvestasi pada orang, dan perusahaan, daripada produk. Seorang investor dari luar bisnis game tidak akan tahu apakah prototipe atau konsep game Anda baik atau buruk, dan bahkan VC berpengalaman pun tidak ingin membuat pilihan investasi berdasarkan produk — mereka mencari individu dan tim pendiri yang bisa membangun perusahaan kelas dunia. ”